Wednesday, March 18, 2015

Pengertian Web dan Pengertian Jaringan

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan menganai Pengertian Web dan Pengertian Jaringan. Di zaman era globalisasi sekarang penggunaan Web itu sangat dibutuhkan terutama dalam hal marketing atau pemasaran. Banyak perusahaan-perusahaan besar menggunakan web untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Web dan jaringan itu saling berkaitan karena kalau tidak ada jaringan web tidak akan dapat diakses. Berikut penjelasan mengenai Web dan Jaringan.

Web / Website



Pengertian Website

World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Cara Kerja Web

Adapun cara kerja web adalah sebagai berikut:
  1. Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman we atau web page.
  2. Halaman web tersebut disimpan dalam computer server web.
  3. Sementara dipihak pemakai ada computer yang bertindak sebagai computer client dimana ditempatkan program untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).
  4. Browser membaca halaman web yang ada di server web.

Fungsi Web

Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:
  1. Fungsi komunikasi
    Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.
  2. Fungsi informasi
    Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isisnya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak sepertio shockwave dan java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti news, profile company, library, reference,dll.
  3. Fungsi entertainment
    Situs web juga dapat memiliki fungsi entertainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, music online, dan sebagainya.
  4. Fungsi transaksi
    Situs web dapat dijadikan sarana transaksi biisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

Jaringan




Pengertian Jaringan

Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. Masing-masing nodes berfungsi sebagai stasiun kerja (workstations). Salah satu nodes sebagai media jasa atau server, yaitu yang mengatur fungsi tertentu dari nodes lainnya. Pada dasarnya teknologi jaringan komputer itu sendiri merupakan perpaduan anatara tenologi komputer dan juga teknologi komunikasi.

Sejarah Jaringan 

Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.


Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.


Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Word AreaNetwork).


Jenis-jenis Jaringan

Secara umum jaringan komputer terdiri atas lima jenis :

1.  LAN (Local Area Network)

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam
sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. 
LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer 
pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) 
dan saling bertukar informasi.





2. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.




3. WAN (Wide Area Network)

Jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.



4. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.



5. Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.




Sekian penjelasan mengenai Web dan jaringan semoga bermanfaat :)

referensi buku :

Tim Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (2004). Instalasi Perangkat Jaringan Lokal
(Local Area Network). Yogyakarta: 

referensi blog :








Baca Selengkapnya >>>

Sunday, November 30, 2014

Sejarah Perkembangan Komputer

Review Materi Kuliah Organisasi Sistem Komputer





Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sejarah perkembangan komputer, sebelum kita ke sejarah perkembangan komputer alangkah baiknya kita mengetahui definisi dari komputer itu sendiri. jadi komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer)

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER  

I. Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama salah satunya adalah Electronic Numerical Integator and Computer (ENIAC), yang merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M , tinggi 2.4 M, dan membutuhkan daya listrik sebesar 160 kilowatts. Komputer ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.

Contoh komputer generasi pertama

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama :
  • Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas. 
  • Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
  • Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. 
  • Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
  • Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
  • Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  • Prosesnya relatif lambat.
  • Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
  • Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  • Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
II. Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapat menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik. Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama. 

contoh transitor

contoh komputer generasi kedua

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua :
  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama sudah lumayan besar.
  • Sirkutinya adalah transistor.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama.
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik.
  • berorientasi pada bisnis dan teknik. 
  • Proses operasi sudah cepat.

III. Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.


contoh IC


contoh komputer generasi ketiga

Ciri-ciri Komputer Generasi Ketiga :

  • Menggunakan Monolitic Integrated Circuit (MIC) dan Large Scale Integration (LSI).
  • Mempunyai memori lebih besar dari generasi komputer sebelumnya.
  • Bekerja lebih cepat dari generasi komputer sebelumnya.
  • Ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi komputer sebelumnya.
  • Teknologi transistor digantikan dengan penggunaan chip yang mengandungi ratusan atau ribuan transistor yang dipadatkan.
  • Menggunakan teknologi small-and medium-scale integration
  • sebagai titik awal fenomena mikrokomputer
  • Konsep 'time sharing' diperkenalkan.
  • Banyak bnahasa pemrograman dihasilkan seperti BASIC dan PASCAL.

IV. Komputer Generasi Keempat


Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.


contoh komputer generasi keempat


Ciri-ciri Komputer Generasi Keempat :

  • Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS),
  • Menggunakan teknologi Very Large-Scale Integration (VLSI)
  • Mempunyai beberapa pemproses CPU yang bisa berfungsi secara serentak.

V. Komputer Generasi Kelima

Komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini. Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini. 


contoh komputer generasi kelima


Ciri-ciri Komputer Generasi Kelima :

  • Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocessor.
  • Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.
  • Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang semakin canggih.
  • Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana.
Sekian penjelasan mengenai sejarah perkembangan komputer. semoga bermanfaat.....
Baca Selengkapnya >>>

Friday, May 30, 2014

Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi Didalam Kehidupan Budaya Indonesia



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi Didalam Kehidupan Budaya Indonesia. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi perkembangan teknologi di Indonesia sangatlah pesat. Dengan berkembangnya teknologi tersebut seakan-akan teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia. Bukan hanya menjadi kebutuhan saja bahkan  teknologi sudah menjadi budaya di Indonesia. Kita ambil contoh saja Teknologi Komunikasi.  Teknologi komunikasi di Indonesia kemajuannya sangatlah pesat. Hampir semua masyarakat di Indonesia telah merasakan bagaimana kemajuan teknologi komunikasi, karena kemajuan teknologi komunikasi tersebut sekarang masyarakat di Indonesia sudah tidak lagi susah dalam berkomunikasi. karena pada saat ini komunikasi dapat dilakukan melalui telepon genggam (handphone), melalui social media seperti (facebook, twitter, dll). Akan tetapi dengan kemajuan teknologi tersebut pasti akan ada dampak positif dan dampak negatifnya bagi kebudayaan di Indonesia ini. Berikut adalah dampak positif dan dampak negatif dari kemajuan teknologi komunnikasi di Indonesia.

Teknologi

Sebelum kita ke dampak positif dan dampak negatif dari kemajuan teknologi komunikasi  alangkah baiknya kita mengatuhui arti dari kata Teknologi terlebih dahulu. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.(sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi). Jadi pada intinya tujuan dari teknologi adalah untuk memudahkan segala kebutuhan manusia.

Dampak Positif Kemajuan Teknologi Komunikasi

Dampak Positif kemajuan Teknologi Komunikasi diantaranya adalah.
  • Mudahnya berkomunikasi, Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi, manusia sudah tidak perlu lagi susah payah untuk berkomunikasi atau bersosialisasi dengan keluarga, teman, dan sanak saudara. karena komunikasi dapat dilakukan dengan handphone atau dengan social media yang ada pada saat ini.


  •  Mudahnya mencari kabar atau berita atau informasi, dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi, manusia sudah tidak susah lagi mencari kabar atau berita yang sedang menjadi trending topic. karena dengan adanya internet kapanpun dan dimanapun manusia bisa mengakses berita yang diinginkan melalui gadgetnya masing- masing.


  • Dalam hal pendidikan, dengan adanya kenajuan teknologi komunikasi, manusia khususnya murid dan mahasiswa sudah tidak susah lagi untuk mencari materi atau tugas yang diberikan oleh guru dan dosen. karena dengan adanya internet murid atau mahasiswa dapat langsung mengakses atau mencari tugas tersebut di dunia maya melalui handphone atau gadget lainnya.



Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Komunikasi

Dampak Negatif kemajuan Teknologi Komunikasi diantranya adalah.
  • Kurangnya silaturahmi dengan keluarga atau sanak saudara, karena mudahnya berkomunikasi  manusia jadi jarang sekali bersilaturahmi ke tempat keluarga atau sanak saudara. Padahal silaturahmi itu wajib hukumnya bagi semua umat beragama.


  • Kurangnya interaksi langsung (ngobrol), karena berkembangnya teknologi komunikasi seakan-akan manusia sekarang ini sudah tidak bisa lepas dari gadget atau alat komunikasinya masing-masing sampai tidak saling menegur atau menyapa orang disampingnya.  kita ambil contoh lain ketika kita sedang berkumpul dengan teman-teman bukannya kita ngobrol atau sharing pikiran tetapi malah asik dengan gadgetnya masing-masing.


  • Kurangnya kesadaran dalam menggunakan teknologi komunikasi, karena berkembangnya teknologi komunikasi, banyak membuat manusia menjadi malas untuk melaksanakan kewajibannya. kita ambil contoh ketika mendengar adzan, bukannya sholat malah asik main dengan gadgetnya, kemudian waktunya belajar  malah asik juga dengan gadgetnya.



Maka dari itulah kita semua ini harus pintar dalam menyikapi perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia ini, jangan sampai kita semua terkena dari dampak negatif kemajuan teknologi komunikasi. Jadi kesimpulannya adalah kita ambil positifnya dan kita tinggalkan negatifnya. itulah Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi Didalam Kehidupan Budaya Indonesia menurut saya. 
Okey sekian dulu tulisan dari saya terima kasih :-)

Baca Selengkapnya >>>

Monday, January 27, 2014

Fenomena Tahun Baru




Pada kesempatan kali ini saya akan membahas fenomena tahun baru. Ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk merayakan tahun baru diantaranya adalah pergi liburan ke luar kota, jalan-jalan ketempat rekreasi, berkumpul dengan keluarga, teman-teman atau saudara-saudara, dan yang satu ini pasti sangat wajib untuk meramaikan pesta tahun baru yaitu menyalakan kembang api atau petasan.

Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian, sama seperti mayoritas negara-negara di dunia. Tahun baru dalam merayakan malam pergantian tahun dilakukan hampir diseluruh manusia dimuka bumi. Banyak hal unik yang dilakukan di malam tahun baru. Ada hal yang positif dan ada yang negatif, namun ada pula yang menyambutnya dengan biasa-biasa saja. Hal apa saja dilakukan berikut adalah contohnya :
*Bertukar kado

Hal unik yang dilakukan dimalam tahun baru salah satunya adalah bertukar kado. Masyarakat Turki mempunyai kebiasaan menukar kado dengan makanan tradisional yang tersaji di malam pergantian tahun.

*Membuat Perencanaan untuk Masa Depan
Hal unik lainnya di malam tahun baru adalah membuat resolusi untuk tahun yang akan datang. Resolusi ini biasanya target yang ingin dicapai di tahun depan seperti, bisa resolusi besar maupun kecil; ingin berhenti merokok, melunasi hutang, menurunkan berat badan, membeli gadget baru, menikah dan lain sebagainya. Ada yang dibuat dengan cara menuliskannya ada pula hanya berniat dalam hati.

* Menonton kembang api
Hal unik yang umum dilakukan dalam menyambut tahun baru adalah menonton kembang api atau menyalakan kembang api. Banyak orang yang tidak mau melewatkan melihat langit malam yang menjadi indah dan semarak oleh kembang api. Orang menantikan kembang api yang indah, berwarna-warni dengan berbagai bentuk dan bunyi-bunyian.

*Turun ke jalan dan membunyikan terompet

Turun ke jalan dan membunyikan terompet adalah kebiasaan unik lainnya yang terjadi di malam tahun baru. Walaupun kebiasaan ini terkadang mengganggu pengguna jalan yang lain karena orang-orang sudah turun ke jalan dan memenuhi jalan sejak pukul 7 malam hingga pukul 9. Ini akan sangat merepotkan bagi yang ada keperluan tak terduga seperti ambulan yang akan lewat. Meskipun ini adalah kebiasaan buruk, karena membuat macet dan polusi besar-besaran, karena mereka menggunakan kendaraan untuk turun ke jalan, namun tidak ada cara untuk mencegah kebiasaan yang datangnya sekali setahun ini.

* Beribadah dan berdoa
Hal unik yang dilakukan di malam tahun baru dan terdengar sangat bijaksana adalah beribadah dan berdoa. Dengan beribadah dan berdoa, kita berharap kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan keberkahan di tahun yang akan datang. Tidak sedikit yang melakukan kegiatan ini, karena mereka sangat berharap tahun yang akan datang dapat lebih baik dari tahun yang sekarang dan hanya dapat berharap dari Tuhan.

* Menonton pergantian tahun di televisi
Pergantian cuaca yang tidak menentu dapat membuat malam tahun baru diguyur hujan. Maka hal dapat dilakukan untuk menyambut pergantian tahun hanya menonton televisi. Banyak stasiun televisi meliput siaran langsung menghitung detik-detik pergantian tahun.

* Tidak melakukan apa-apa dan tidur
Hal unik (yang sebetulnya biasa) dalam menyambut pergantian tahun adalah tidak melakukan apa-apa dan tidur. Meskipun banyak diluar sana orang hiruk pikuk menyambut tahun baru, namun ada sebagian orang yang melewatkannya dengan tidur. Karena menganggap malam tahun baru sama dengan malam-malam yang lainnya. Dan karena sebagian orang sudah merasa capek dan lelah setelah seharian beraktivitas.

Jadi termasuk yang manakah kalian ?, itulah pembahasan tentang fenomena tahun baru menurut saya. oke sekian dulu tulisan dari saya semoga ditahun yang baru ini kita semua menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya...
Baca Selengkapnya >>>

Sunday, January 26, 2014

PERAN PEMUDA



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas peran pemuda Indonesia zaman sekarang dalam mengharumkan Indonesia. Sebelum kita membahas peran pemuda zaman sekarang alangkah baiknya kita bandingkan dulu peran pemuda zaman dulu dan zaman sekarang. Pemuda zaman dulu itu mempunyai peran yang sangat besar khususnya untuk merebut kemerdekaan negara Indonesia dari para penjajah. Dari peristiwa itu bisa kita simpulkan bahwa pemuda zaman dulu itu mempunyai jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Sekarang saatnya kita bahas peran pemuda zaman sekarang, kalo dilihat pemuda zaman sekarang itu sangat memperihatinkan, kenapa saya bilang memperihatinkan ? karena kebanyakan pemuda zaman sekarang itu lebih suka menghambur-hamburkan uang atau berfoya-foya yang tidak ada hasilnya. kita ambil contoh saja nongkrong yang tidak ada gunanya, balapan liar, pesta sex, memakai obat-obatan terlarang  atau NARKOBA, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi tidak semua pemuda zaman sekarang itu seperti itu, karena masih banyak juga pemuda zaman sekarang yang bisa mengharumkan nama Indonesia dimata dunia. Seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

Peran Pemuda Indonesia dalam Mengharumkan Indonesia

Banyak sekali pemuda Indonesia zaman sekarang yang mengharumkan nama bangsa Indonesia dimata dunia. Oke kita ambil contoh

Timnas Sepakbola Indonesia U-19 


Pasti temen-temen semua tahu tentang pemain timnas ini yang sering kita sebut-sebut timnas garuda jaya, siapa yang tidak kenal dengan mereka semua ? saya rasa tidak ada yang tidak tahu tentang kesuksesan timnas sepakbola ini. Tim sepakbola ini merupakan timnas sepakbola Insonesia yang paling berjaya untuk saat ini karena telah menjuarai Piala AFF 2013 kemarin dan berhasil lolos ke Piala AFC 2014 nanti. Sangat membanggakan bukan prestasi timnas sepakbola Indonesia yang satu ini. Keberhasilan mereka semua itu karena kerja keras mereka semua selama latihan. Ayo kita dukung tim ini akan semakin berjaya lagi. 




Berikut ini video cuplikan keberhasilan timnas Indonesia mengalahkan timnas Korea Selatan di kualifikasi piala AFC 2014 :


Kesimpulannya berhentilah menjadi pemuda Indonesia yang tidak berguna lagi, dan jadilah pemuda Indonesia yang berprestasi, yang bisa mengharumkan nama Indonesia dimata dunia. karena sebetulnya peran pemuda itu sangat penting didalam negara.

Sekian dulu tulisan dari saya semoga bisa membuat pemuda di Indonesia sadar untuk menjadi pemuda yang bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia. Dan saya akan mengakhiri tulisan ini dengan kata-kata dari Bung Karno yaitu “Berikan aku 1 pemuda maka akan aku guncangkan Indonesia, dan berikan aku 10 pemuda maka akan aku guncangkan dunia”.  





Baca Selengkapnya >>>

Friday, November 15, 2013

Pertumbuhan Penduduk di Indonesia




Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pertumbuhan penduduk di Indonesia. Kalau bicara pertumbuhan penduduk di Indonesia, Indonesia itu merupakan negara padat penduduk ke 4 setelah China, India, dan Amerika. Pertumbuhan penduduk di Indonesia juga tinggi, sekitar 1.98% pertahun. Sisi positif dari jumlah penduduk yang tinggi adalah memberdayakannya untuk meningkatkan pembangunan. Tetapi ada sisi negatif dari jumlah penduduk yang tinggi, pemerintah memiliki tanggung jawab yang besar untuk mensejahterakan rakyat. Jika pemerintah tidak mampu, maka akan terjadinya angka pengangguran yang tinggi, angka kejahatan juga tinggi, pemukiman yang kumuh, dan banyaknya penduduk kekurangan gizi makan.


Kepadatan Penduduk di Indonesia


Kepadatan penduduk adalah luas wilayah dibagi jumlah penduduk kepadatan penduduk adalah salah satu masalah kependudukan di Indonesia karena tidak tersebar merata. Ada wilayah yang kepadatan penduduknya sangat tinggi contohnya pulau Jawa dan juga ada wilayah dengan kepadatan yang rendah contohnya pulau Kalimantan. Hal ini disebabkan oleh perekonomian suatu wilayah.



Kualitas Penduduk

Kualitas penduduk adalah mutu kehidupan penduduk pada suatu negara. Beberapa faktor mutu kehidupan penduduk pada suatu negara yaitu meliputi tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan tingkat pendapatan per kapita.

1. Tingkat Pendidikan


Tingkat pendidikan bisa diukur dengan lamanya seseorang menempuh pendidikan formal. Tingkat pendidikan bukan menjadi indikator kualitas SDM suatu negara karena kualitas SDM berhubungan dengan produktivitas kerja. Seseorang yang memiliki pendidikan yang tinggi. Kenyataan di Indonesia kebanyakan seorang yang memiliki pendidikan tinggi atau sarjana banyak yang menganggur. Keadaan seperti ini sangat memprihatinkan. Diharapkan tingkat pendidikan berbanding lurus dengan tingkat produktivitas. Sehingga pembangunan dalam bidang pendidikan yang dilakukan pemerintah membawa dampak positif bagi kesejahteraan.  




2. Tingkat Kesehatan

Tingkat kesehatan bisa dijadikan indikator mutu kehidupan suatu negara. Karena angka harapan hidup suatu negara tinggi maka mutu kesehatan penduduk tersebut tinggi pula. Tingkat kesehatan tidak lepas dari pendapatan seseorang, jika seseorang mendapatkan pendapatan yang tinggi maka untuk memperoleh pelayanan kesehatan juga tinggi. Jika penduduk suatu negara banyak yang sakit maka pembangunan negara tidak berjalan dengan lancar.


3. Tingkat Pendapatan per Kapita

Tingkat pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara setiap tahunnya. Rendahnya pendapatan perkapita dapat mempengaruhi sektor lain seperti rendahnya tingkat pendidikan dan tingkat kesehatan karena terganggu dengan permasalahan perekonomian suatu keluarga.


Berikut ini adalah usaha pemerintah untuk mengatasi permasalahan kependudukan di Indonesia.

1. Mengontrol tingkat kelahiran dengan program KB




Dengan semboyan 2 anak lebih baik, diharapkan anak bisa terurus dengan baik dan sekaligus untuk mengontrol jumlah penduduk.

2. Meratakan Kepadatan Penduduk




Menjalankan program transmigrasi dan mulai membangun di daerah luar pulau Jawa. Transmigrasi dilakukan untuk mengurangi kepadatan penduduk.

3. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan




Dengan meningkatkan pelayanan kesehatan diharapkan, masyarakat Indonesia dapat menikmati pelayanan kesehatan. Jika masyarakat termasuk remaja Indonesia yang sehat diharapkan bisa memberikan jasa terhadap negara seperti membuka lapangan pekerjaan.

4. Meningkatkan dan meratakan mutu pendidikan di seluruh daerah




Pendidikan sangat penting bagi seseorang untuk menjadi seorang yang berguna bagi orang lain. Dengan meratanya pendidikan di seluruh daerah di Indonesia, diharapkan Indonesia kedepannya dapat memanfaatkan SDA (Sumber Daya Alam) Indonesia dengan baik dan dengan meningkatkan mutu pendidikan diharapkan bisa membuat lapangan pekerjaan.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat...


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
Baca Selengkapnya >>>

Thursday, October 24, 2013

Kebudayaan Indonesia Yang Terlupakan

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kebudayaan indonesia yang terlupakan. Kalau membahas tentang budaya indonesia saat ini saya ini sangat prihatin, karena orang-orang zaman sekarang ini mulai perlahan-perlahan meninggalkan kebudayaan indonesia dan menggantinya dengan budaya orang-orang barat. Terutama untuk kaum muda-mudi saat ini. Walaupun sebenarnya mengikuti perkembangan zaman itu baik, namun kita semua juga harus melestarikan kebudayaan kita sendiri jangan malah meninggalkannya. oke kita ambil contoh saja Anak-anak jaman sekarang. Anak-anak zaman sekarang  itu lebih cenderung asik nonton tv, bermain gadget atau device ketimbang bermain permainan tradisional, waktu usia saya masih seumuran mereka saya itu masih senang sekali bermain bersama teman-teman, bermain petak umpet, bermain kejar-kejaran, bermain benteng, bermain kelereng, bermain tak jongkok, bermain galasin, dll. Maka sudah kewajiban kita untuk mengingatkan adik-adik kita tercinta untuk melestarikan kebudayaan indonesia khususnya permainan tradisional. Berbicara tentang permainan tradisional, saya akan membahas beberapa permainan tradisional yang mulai terlupakan.

Galasin

Galah asin atau di daerah lain disebut galasin atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah asli dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segi empat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan. 


contoh gambar galasin

Petak Umpet

Siapa yang tidak kenal dengan permainan yang mendunia ini? Dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi "kucing" (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apa saja sebagai tempat jaga supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi.
Jika si "kucing" menemukan temannya, ia akan menyebut nama temannya sambil menyentuh tempat jaga. Permainan selesai setelah semua teman ditemukan. Dan yang pertama ditemukanlah yang menjadi kucing berikutnya.


contoh gambar petak umpet


Engklek

Engklek merupakan permainan tadisional lompat-lompatan pada bidang-bidang datar yang digambar di atas tanah. Permainan ini berbentuk kotak-kotak yang menyerupai tanda tambah namun memiliki kotak-kotak. Pemain harus loncat dengan menggunakan satu kaki dari kotak satu ke kotak, sambil memegang sebuah pecahan eternit untuk dilemparkan ke masing-masing kotak dan kemudian melakukan lompatan ke dalam kotak-kotak tersebut. Setelah selesai lompat ke semua kotak, pemain mengambil pecahan enternit tersebut kemudian dilemparkan lagi kotak selanjutnya tapi dalam melempar tidak boleh melebih batas kotak yang telah disediakan jika melebihi batas kotak yang telah disediakan maka pemain dinyatakan gugur dan diganti oleh pemain lagi.


contoh gambar engklek

Bentengan

Bentengan adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelompok, masing-masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing-masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, pohon atau pilar sebagai 'benteng'.
Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih 'benteng' lawan dengan menyentuh pohon, tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan ketika menyentuh markasnya. meneriakkan kata “benteng”.


contoh gambar bentengan

Namun sungguh sangat disayangkan keempat permainan diatas itu sekarang ini sudah mulai ditinggalkan. 
Ada beberapa faktor yang menyebabkan permainan diatas mulai ditinggalkan diantaranya adalah :

1. Sarana dan tempat bermain tidak ada,

2. Adanya penyempitan waktu, terlebih lagi semakin kompleknya tuntutan zaman terhadap anak yang semakin membebani,

3. Permainan tradisional terdesak oleh permainan modern dari luar negeri dimana tidak memakan tempat, tak terkendala waktu baik itu siang hari, pagi, sore ataupun malam bisa dilakukan, serta tidak perlu menunggu orang lain untuk bermain,

4. Terputusnya pewarisan budaya yang dilakukan oleh generasi sebelumnya dimana mereka tidak sempat mencatat, mendata, dan mensosialisasikan sebagai produk budaya masyarakatnya kepada generasi di bawahnya. Budaya instan yang sudah merasuk pada setiap anggota masyarakat sekarang juga memberikan sumbangan hilangnya permainan tradisional. Kita selalu terlena oleh budaya cepat saji, yang penting sudah tersedia dan siap “dimakan “ tanpa harus melalui proses.

Oke jadi kesimpulannya adalah kita harus melestarikan budaya Indonesia khususnya permainan tradisional, kepada adik-adik kita tercinta, agar mereka semua mau secara perlahan untuk mengurangi kebiasaan mereka untuk tidak bermain gadget atau devices nya secara terus menerus.

okey mari kita lestarikan budaya kita sendiri sebelum budaya kita diakui oleh bangsa lain...


Baca Selengkapnya >>>

Tuesday, September 17, 2013

Mengenal Macam-macam Partisi Linux Dan Fungsinya


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam-macam partisi linux dan fungsinya.
Macam-macam partisi linux dan fungsinya:
  • / (/root) : menunjukkan hirarki tertinggi dari sistem ditektori Linux dimana direktori ini membawahi dari direktori /usr, /home, /mnt dan direktori lainya seperti gambar diatas.

  • /bin : berisi program yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh user biasa seperti perintah ls (menampilkan isi dari suatu direktori, cd (untuk berpindah direktori).

  • /sbin : berisi program yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh super user seperti ifconfig (menampilkan informasi tentang kartu jaringan / network device yang terpasang pada mesin).

  • /home : berisi data dari user yang terdaftar dalam komputer / mesin yang bersangkutan.

  • /usr : berisi paket program, dokumentasi, konfigurasi, aplikasi, library dan source aplikasi linux.

  • /opt : berisi aplikasi yang dapat diakses oleh semua user (hampir sama dengan /usr/sbin/.

  • /root : merupakan “home” nya superuser / root / administrator.

  • /tmp : singkatan dari temporer adalah direktori yang disediakan ketika dibutuhkan ruang sementara dalam melakukan pekerjaan, contoh  ketika melakukan proses burn cd maka image (file iso ) secara default dimasukkan ke direktori ini sebelum di burn ke cd.

  • /etc : secara umum merupakan direktori tempat file konfigurasi berbagai macam service dan program yang terinstall di dalam sistem.

  • /mnt : berisi informasi device yang terpasang (mount) di dalam komputer.

  • /var : Direktori ini berisi data yang bermacam-macam (vary). Perubahan data dalam sistem yang aktif sangatlah cepat. Data-data seperti ini ada dalam waktu yang singkat. Karena sifatnya yang selalu berubah tidak memungkinkan disimpan dalam direktori seperti “/etc”. Oleh karena itu, data-data seperti ini disimpan di direktori var.

  • /boot : berisi informasi yang berkaitan dengan device dan service yang dijalankan ketika komputer melakukan booting (proses komputer dari keadaan mati/off menjadi hidup/on)
Okey sekian dulu penjelasan dari saya, semoga bermanfaat..
Baca Selengkapnya >>>

Saturday, September 7, 2013

Cara Membuat Artikel Terkait Di Blog


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat artikel terkait di blog. Okey sebelumnya apa fungsi dari artikel terkait ? jadi fungsi artikel terkait adalah untuk menampilkan beberapa judul artikel lain yang masih berkaitan dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung blog. Arikel terkait juga berguna untuk meningkatkan pageview pada blog kita. Nah sekarang udah pada tau kan apa itu fungsi artikel terkait, oke langsung saja kita mulai cara membuatnya.
Berikut langkah-langkahnya :

1. Login ke bloger
2. klik menu template, lalu klik edit html
3. carilah kode </head> dengan menggunakan CTRL+F
4. jika sudah ketemu masukan kode dibawah ini tepat diatas kode </head>

<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
var relatedTitles = new Array();
var relatedTitlesNum = 0;
var relatedUrls = new Array();
function related_results_labels(json) {
for (var i = 0; i < json.feed.entry.length; i++) {
var entry = json.feed.entry[i];
relatedTitles[relatedTitlesNum] = entry.title.$t;
for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) {
if (entry.link[k].rel == 'alternate') {
relatedUrls[relatedTitlesNum] = entry.link[k].href;
relatedTitlesNum++;
break;}}}}
function removeRelatedDuplicates() {
var tmp = new Array(0);
var tmp2 = new Array(0);
for(var i = 0; i < relatedUrls.length; i++) {
if(!contains(tmp, relatedUrls[i])) {
tmp.length += 1;
tmp[tmp.length - 1] = relatedUrls[i];
tmp2.length += 1;
tmp2[tmp2.length - 1] = relatedTitles[i];}}
relatedTitles = tmp2;
relatedUrls = tmp;}
function contains(a,e) {
for(var j = 0; j < a.length; j++) if (a[j]==e) return true;
return false;}
function printRelatedLabels() {
var r = Math.floor((relatedTitles.length - 1) * Math.random());
var i = 0;
document.write('<ul>');
while (i < relatedTitles.length && i < 20) {
document.write('<li><a href="' + relatedUrls[r] + '">' +
relatedTitles[r] + '</a></li>');
if (r < relatedTitles.length - 1) {
r++;
} else {
r = 0;}
i++;}
document.write('</ul>');}
//]]>
</script>

5. Setelah itu cari kode <data:post.body/> dengan menggunakan CTRL+F
6. Jika sudah ketemu masukan kode dibawah ini tepat dibawah <data:post.body/>

<b:if cond='data:post.labels'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<script expr:src='"/feeds/posts/default/-/" + data:label.name + "?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=5"' type='text/javascript'/>
</b:if>
</b:loop>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<h4>Artikel terkait</h4>
<script type="text/javascript">
removeRelatedDuplicates();
printRelatedLabels();</script>
</b:if>

7. Lalu simpan template dan lihat perubahannya

Note: 
  • Kode <data:post.body/> mungkin anda akan temukan banyak, pilih saja satu, tidak apa-apa kok anda coba-coba hitung-hitung sekalian belajar dan yang penting anda faham.
  • Untuk kata Artikel Terkait bisa anda ganti sesuai keinginan anda misalnya: related post, posting terkait, dsb

okey sekian dulu tutorial cara membuat artikel terkait, selamat mencoba...
Baca Selengkapnya >>>