Monday, May 1, 2017

GET IP,GET NAME, IPToName, Nslookup & Client Server

GET IP
Listing program getIP.java


import java.net.*; public class getIP { public static void main(String args[]) throws Exception { InetAddress host = null; host = InetAddress.getLocalHost(); byte ip[] = host.getAddress(); for (int i=0; i<ip.length; i++) { if (i > 0) { System.out.print("."); } System.out.print(ip[i] & 0xff); } System.out.println(); } }














Logika program getIP.java

Blok program diatas menggunakan library java.net.*; paket ini berisi kelas yang memperbolehkan program berkomunikasi melewati jaringan. Kemudian menggunakan nama getIP sebagai classnya. Selanjutnya di deklarasikan InetAddress host dengan isinya bernilai null dan variabel host menyimpan nilai dari getLocalHost.  Maka ketika program di running maka akan memuncukan Ip Address computer yang kita gunakan.

Output program getIP.java











Get Name
Listing program getName.java


import java.net.*; public class getName { public static void main(String args[]) throws Exception { InetAddress host = null; host = InetAddress.getLocalHost(); System.out.println("Nama komputer Anda: " + host.getHostName()); } }









Logika program getName.java

Blok program diatas menggunakan library java.net.*; paket ini berisi kelas yang memperbolehkan program berkomunikasi melewati jaringan. Kemudian menggunakan nama getName sebagai classnya. Selanjutnya di deklarasikan InetAddress host dengan isinya bernilai null dan variabel host menyimpan nilai dari getLocalHost. Maka ketika program di running maka akan memuncukan host name atau nama computer yang kita gunakan .


Output program getname.java







IPToName
Listing program IPtoName.java


import java.net.*; public class IPtoName { public static void main(String args[]) { if (args.length == 0) { System.out.println("Pemakaian: java IPtoName <IP address>"); System.exit(0); } String host = args[0]; InetAddress address = null; try { address = InetAddress.getByName(host); } catch (UnknownHostException e) { System.out.println("invalid IP - malformed IP"); System.exit(0); } System.out.println(address.getHostName()); } }














Logika program IPtoName.java

Blok program diatas menggunakan library java.net.*; paket ini berisi kelas yang memperbolehkan program berkomunikasi melewati jaringan. Kemudian menggunakan nama IPtoName sebagai classnya. Selanjutnya terdapat kondisi variabel args yang akan mengeksekusi panjang String host jika bernilai 0. Jika kondisi sesuai maka akan mencetak hostname dan ip address computer yang sedang digunakan. Kemudian terdapat try catch untuk mengecek kesalahan. Jika terdapat kesalahan maka akan muncul invalid IP – malformed IP.

Output program IPtoname.java









NsLookup
Listing program NsLookup.java


import java.net.*; public class NsLookup { public static void main(String args[]) { if (args.length == 0) { System.out.println("Pemakaian: java NsLookup <hostname>"); System.exit(0); } String host = args[0]; InetAddress address = null; try { address = InetAddress.getByName(host); } catch(UnknownHostException e) { System.out.println("Unknown host"); System.exit(0); } byte[] ip = address.getAddress(); for (int i=0; i<ip.length; i++) { if (i > 0) System.out.print("."); System.out.print((ip[i]) & 0xff); } System.out.println();
} }






















Logika program NsLookup.java

Blok program diatas menggunakan library java.net.*; paket ini berisi kelas yang memperbolehkan program berkomunikasi melewati jaringan. Kemudian menggunakan nama IPtoName sebagai classnya. Selanjutnya terdapat kondisi variabel args yang akan mengeksekusi panjang String host jika bernilai 0. Jika kondisi sesuai maka akan mencetak ip address computer yang sedang digunakan. Kemudian terdapat try catch untuk mengecek kesalahan. Jika terdapat kesalahan maka akan muncul Unknown host.


Output program NsLookup.java









Client Server
Listing program simpleServer.java


import java.io.*; import java.net.*; public class simpleServer { public final static int TESTPORT = 5000; public static void main(String args[]) { ServerSocket checkServer = null; String line; BufferedReader is = null; DataOutputStream os = null; Socket clientSocket = null; try { checkServer = new ServerSocket(TESTPORT); System.out.println("Aplikasi Server hidup ..."); } catch (IOException e) { System.out.println(e); } try { clientSocket = checkServer.accept(); is = new BufferedReader(new InputStreamReader(clientSocket.getInputStream())); os = new DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream()); } catch (Exception ei) { ei.printStackTrace(); } try { line = is.readLine(); System.out.println("Terima : " + line); if (line.compareTo("salam") == 0) { os.writeBytes("salam juga"); } else { os.writeBytes("Maaf, saya tidak mengerti"); } } catch (IOException e) { System.out.println(e); } try { os.close(); is.close(); clientSocket.close(); } catch (IOException ic) { ic.printStackTrace(); } } }









































Logika program simpleServer.java

Blok program diatas menjelaskan tentang program client dengan mengimport library java. io, java. io merupakan singkatan dari Input Output dan program, selanjutnya mengimport library java. Net.* paket ini berisi kelas yang memperbolehkan program untuk berkomunikasi melalui jaringan pada sisi server. Program ini berfungsi untuk menghidupkan aplikasi servernya, kemudia program ini akan mencari kata-kata ‘salam’ sebagai kata kunci.

Listing proggram simpleClient.java


import java.io.*; import java.net.*; public class simpleClient { public final static int REMOTE_PORT = 5000; public static void main(String args[]) throws Exception { Socket cl = null; BufferedReader is = null; DataOutputStream os = null; BufferedReader stdin = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); String userInput = null; String output = null; // Membuka koneksi ke server pada port REMOTE_PORT try { cl = new Socket(args[0], REMOTE_PORT); is = new BufferedReader(new InputStreamReader(cl.getInputStream())); os = new DataOutputStream(cl.getOutputStream()); } catch(UnknownHostException e1) { System.out.println("Unknown Host: " + e1); } catch (IOException e2) { System.out.println("Erorr io: " + e2); } // Menulis ke server try { System.out.print("Masukkan kata kunci: "); userInput = stdin.readLine(); os.writeBytes(userInput + "\n"); } catch (IOException ex) { System.out.println("Error writing to server..." + ex); } // Menerima tanggapan dari server try { output = is.readLine(); System.out.println("Dari server: " + output); } catch (IOException e) { e.printStackTrace(); } // close input stream, output stream dan koneksi try { is.close(); os.close(); cl.close(); } catch (IOException x) { System.out.println("Error writing...." + x); } } }












































Logika Program simpleClient.java

Blok program diatas menjelaskan tentang program client dengan mengimport library java. io, java. io merupakan singkatan dari Input Output dan program, selanjutnya mengimport library java. Net.* paket ini berisi kelas yang memperbolehkan program untuk berkomunikasi melalui jaringan pada sisi server. Program ini akan jalan jika aplikasi server sudah dijalankan terlebih dahulu. Setelah server sudah jalan maka client bisa mengirim pesan ‘salam’ dan server nanti akan memberikan jawaban salam juga, jika kata kunci yang dimasukkan salah maka server akan memberikan jawaban maaf saya tidak mengerti.

Output program simpleServer.java & simpleClent.java











Artikel Terkait

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

No comments :

Post a Comment